Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terungkap Langkah Membuat Kopi Warkop, Di Jamin Maknyus..!

cara membuat kopi warkop

 Kopi atau Coffee adalah komoditas perkebunan yang terbanyak di meminati oleh khalayak luas bahkan ke penjuru dunia, karena kopi tidak bisa lepas dari kebiasan beberapa orang untuk nikmati satu cangkir kopi dengan beragam jenis penyuguhannya setiap waktu. Salah satunya yang sangat menarik ialah kopi warkop (Kependekan dari warung Kopi) dengan keunikan Kopi Susu dengan lokasi yang sama Free Wifi, tiap warung kopi (Warkop) mempunyai langkah penyuguhan yang berbeda hingga beberapa warkop yang menyebar di beberapa tempat mempunyai cita-rasa dan watak yang beda berbeda juga.

Kesempatan ini kami akan mengungkapkan rahasia membuat kopi warkop dengan simpel yang mempunyai cita-rasa yang ditanggung nikmat dan berkualitas, anda tentu bisa membuat di dalam rumah bahkan juga anda pun bisa menjadikan sebagai hidangan untuk usaha warung kopi (warkop) simpel bermodal yang kecil pada tempat anda.

Cara Mengolah Kopi Warkop

Saat sebelum kita mengulas bagaimanakah cara membuat kopi ala-ala warkop atau ala-ala kafe, karena itu anda harus ketahui lebih dulu apa yang perlu diperhatikan saat mengolah sebuah sajian kopi yang berkualitas, yakni :

1. JENIS KOPI : Kopi mempunyai 2 tipe yakni kopi Robusta dan Kopi Arabika, selanjutnya dari ke-2 tipe kopi ini mempunyai watak dan cita-rasa yang beragam macam bergantung dari factor daerah asal di mana kopi itu itu tumbuh.

2. KOMBINASI : Untuk mengolah kopi kita perlu gabungan atau kombinasi ukuran dari ke-2 tipe kopi (Arabika dan Robusta), karena bila cuma memakai satu tipe kopi saja karena itu rasa kopi yang dibuat bisa jadi berasa terlampau pahit, asam, serta cemplang. Selanjutnya untuk menambah dengan susu full krim perlu di pertimbangkan ukurannya supaya rasa kopi dan susu jadi imbang. Karena itu itu Kita harus ketahui teknik gabungan kombinasi gabungan itu.

3. ALAT : Alat untuk mengolah kopi bermacam-macam, biasanya yang simpel kita temui di dalam rumah cuma saringan biasa dan tempat seduh. Dan ada banyak alat yang lain lebih efisien dan professional yang hendak kita temui dalam suatu warkop atau kafe seperti timbangan kopi, tempat teko, saringan kain, penggilingan, tempat panggang kopi dan lain-lain.

4. TEHNIK MEMASAK : Sering kita temui di warkop ialah secara terdapatnya air panas mendidih dengan teknik menambah kopi dan mengolahnya kembali, hingga untuk mengolah air dari sari kopi penting untuk di kenali tekniknya.

5. TEHNIK MENYARING : Ada beberapa jenis teknik memfilter kopi, ada yang memfilter dengan saringan biasa dan ada juga yang memfilter dengan saringan kain, ada yang memfilter dengan sekali saringan saja serta ada juga yang memfilter sampai 2 sampai 3x saringan.

6. PENYAJIAN : Seringkali saat kita bertandang ke sebuah warung kopi atau kafe terkadang kita memerhatikan tempat gelas yang beragam ukuran dan aksesori yang di suguhkan, karena itu penting ketahui tata langkah penyuguhan supaya kita bisa nikmati cita-rasa kopi dengan ukurannya yang cocok, menarik dan nikmat.

Dari ke 6 (enam) point di atas, kita akan pahami jika untuk menyuguhkan satu cangkir kopi yang berkualitas dan nikmat sampai mempunyai harga jual itu di perlukan beberapa teknik. Karena untuk membikin satu cangkir kopi itu bukan sekedar membuat dan menyuguhkannya saja, tetapi juga di perlukan pengetahuan dan seni saat membuat sajian satu cangkir kopi yang berkualitas.

Tanpa lama, berikut kami kuak langkah membuat kopi susu ala-ala Warkop / ala-ala kafe untuk penyuguhan 2 (dua) gelas yang nikmat berkualitas dan memiliki harga jual,

Bahan - Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Kopi:

  • Kopi Robusta (4 sendok makan)
  • Kopi Arabika (2 sendok makan)
  • Susu full cream (6 sendok makan)
  • Air 500ml
  • 2 Gelas ukuran 500ml (tempat untuk mengaduk kopi)
  • 2 Gelas ukuran 125ml (untuk penyajian)
  • Saringan yang terbuat dari kain
  • Panci sedang untuk memasak air

Cara Membuat Kopi Warkop :

1. Masukkan air sebanyak 500ml kedalam panci lalu masak hingga mendidih.

2. Sambil menunggu air mendidih, masukkan 2 sendok makan bubuk kopi robusta kedalam 2 gelas ukuran 500ml (tempat untuk mengaduk kopi). Dan setelah air mendidih di panci, masukkan air mendidih tadi kedalam gelas berisi 2 sendok makan kopi robusta lalu aduk hingga tercampur merata.

3. Masukkan 2 sendok makan bubuk kopi arabika kedalam dasar saringan kain.

4. Tuangkan kembali 2 gelas ukuran 500ml yg berisi kopi robusta panas yang telah di aduk tadi ke dalam saringan kain yang berisi kopi arabika, tuang kedalam panci yang tadi di pakai memasak.

5. Setelah cairan kopi dari saringan semuanya sudah masuk ke dalam panci, maka masak kembali cairan kopi tersebut di panci hingga mendidih. (jangan buang ampas di dalam saringan).

6. Setelah cairan kopi Robusta/Arabika tersebut mendidih di panci, tuang kembali air kopi mendidih di dalam panci melalui saringan kain yang berisi ampas kopi tadi, tuang kedalam gelas penyajian ukuran 125ml.

7. Setelah cairan kopi masuk kedalam gelas, tuangkan 6 sendok makan susu full cream kedalam gelas berisi cairan kopi.

8. Proses pembuatan telah selesai, anda akan melihat 2 warna secara terpisah di dalam gelas yaitu warna hitam dari kopi dan warna putih dari susu yang merupakan ciri khas dari kopi ala Warkop / ala cafe, setelah puas memandangi kombinasi warnanya, campuran tadi boleh segera di Aduk secara merata dan siap untuk di nikmati.

Post a Comment for "Terungkap Langkah Membuat Kopi Warkop, Di Jamin Maknyus..!"